Translate

Minggu, 11 Januari 2015

ISLAM ITU SEHAT

Assalamualaikum Wr. Wb.

kali ini kita akan membicarakan tentang manfaat dari aturan Islam yang sangat bermanfaat bagi kita.
Secara etimologis (asal-usul kata, lughawi) kata “Islam” berasal dari bahasa Arab: salima yang artinya selamat. Dari kata itu terbentuk aslama yang artinya menyerahkan diri atau tunduk dan patuh. Sebagaimana firman Allah SWT.
Secara terminologis (istilah, maknawi) dapat dikatakan, Islam adalah agama wahyu berintikan tauhid atau keesaan Tuhan yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai utusan-Nya yang terakhir dan berlaku bagi seluruh manusia, di mana pun dan kapan pun, yang ajarannya meliputi seluruh aspek kehidupan manusia.
Agama Islam merupakan agama yang sempurna. Semua hal dalam kehidupan kita sudah diatur oleh Allah Swt. Begitupula dengan ajaran yang diwajibkan oleh kita yang beragama muslim untuk taat kepada aturan Allah SWT karena aturan tersebut mempunyai banyak manfaat di dalamnya, antara lain:

1. Wudhu
Membasuh Kedua Telapak Tangan :
Membasuh kedua telapak tangan berarti membersihkan sela-sela jari, kuku, dan telapak tangan. Cuci tangan merupakan cara pencegahan dari penyakit. Virus, bakteri atau mikroba lainnya dapat dicegah masuk ke dalam tubuh dengan cara membasuh telapak tangan. Karena biasanya banyak aktifitas yang kita lakukan dengan tangan, seperti makan, memegang sesuatu dll. sehingga akan mudah bagi penyakit atau virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu membasuh telapak tangan dapat merefleksikan diri, karena Pada telapak tangan terdapat banyak serabut syaraf, pembuluh vena, pembuluh arteri dan pembuluh limfe. Dengan menggosok pada sela-sela jari akan melancarkan peredaran darah yang mengandung makanan dan oksigen.
Berkumur : 
Hasil analisa para ilmuwan modern telah membuktikan bahwa dengan berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari penyakit radang dan menjaga gusi dari luka. Dengan berkumur berarti kita menjaga kesehatan gigi dan mulut karena akan menghilangkan sisa makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi setelah makan. Manfaat lainnya adalah dapat menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya dan menjadikan jiwa seseorang menjadi tenang.
Istinsyaq : 
Istinsyaq adalah menghirup air melalui lubang hidung lalu ke rongga hidung sampei ke tenggorokan hidung (nasofaring). Berfungsi untuk membersihkan selaput dan lendir hidung yang telah tercemar oleh udara kotor dan kuman. Hasil penelitian salah satu komite kongres antar Negara-negar Islam di Kairo bahwa membersihkan hisung sebanyak 5x dalam setiap wudhu dapat menjaga kenyamanan rongga-rongga hidung dari penyakit infeksi peradangan, sehingga organ-organ tubuh terlindungu dari serangan kuman yang bersarang di dalam rongga hidung.
Membasuh Wajah : 
Dengan membasuh wajah berarti kita membersihkan wajah dari debu-debu yang menjadi penyebab masalah kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dll. selain itu dapat membuat wajah selalu segar setiap saat dan dapat menghilangkan rasa kantuk. Dan dapat mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit untuk bernafas. Aliran darahpun meningkat, kebutuhan oksigen semakin banyak dan metabolisme kulit ikut meningkat pula. Jadi membasuh wajah dalam 5 waktu begitu penting manfaatnya bagi diri kita sendiri.
Membasuh kedua Tangan : 
menghilangkan debu dan kuman yang biasanya menempel pada bagian tersebut. Selain itu bisa juga menghilangkan keringat yang menyebabkan bau badan dan menjaga kesegaran kulit agar tidak kering sehingga selalu terlihat segar dan cerah. Menurut para pakar kesehatan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh dengan cara mengaliri air pada ujung jari. Dari telapak tangan sampai siku-siku terdapat banyak titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan dada, paru-paru, jantung, lambung, tenggorokan, dan organ-organ gerak bagian atas, serta terdapat titik yang menghilangkan rasa cemas.
Membasuh Sebagian Rambut :
Dengan mengusap sebagian kepala dapat membuat otak kita menjadi jernih dalam berpikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut dan terhindar dari penyakit pikun. Karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.
Membasuh Kedua Telinga :  
Membasuh kedua telinga berarti membersihkan kedua telinga dari kotoran, debu dan kuman yang menmpel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya. Dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan. Pada telinga juga terdapat titik-titik akupuntur.
Membasuh Kedua Telapak Kaki :  
Membasuh kedua telapak dengan memijatnya secara baik dapat membuat perasaan tenang dan nyaman. Telapak kaki merupakan cerminan kebersihan seluruh perangkat tubuh. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air ini merupakan rahasia munculnya perasaan tenang dan nyaman dalam hati setiap muslim stelah berwudhu.

2. Sholat 
Bagi orang yang sempat atau tidak sempat melakukan olah raga di pagi hari di wajibkan melakukan sholat 5 waktu, kenapa? karena sholat bisa menggantikan olah raga. Banyak yang kita dapat dari Olah raga namun Sholat lebih mempunyai banyak manfaat dibandingkan Olah raga. selain untuk menghilangkan lemak seperti olah raga Sholat mempunyai manfaat lain, misalnya:
TAKBIRATUL IHRAM:Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan dan dapat menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.
RUKUK: rukuk berfungsi untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.
I’TIDAL:  Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.
SUJUD: Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.
DUDUK: Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (urethra), kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi.
SALAM:  Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

3. Puasa
puasa merupakan kewajiban bagi umat manusia terutama saat puasa Ramadhan. dab taukah kamu banyak manfaat yang kita dapat saat kita berpuasa, yakni:
Meningkatkan kemampuan otak : Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.
Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah : Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Menurunkan kadar kolesterol : Sebuah penelitian di Uni Emirat Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi pengurangan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program diet sehat, tingkat kolesterol pun dapat diturunkan dengan mudah.
Dapat berpikir lebih tajam dan lebih kreatif : Puasa dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan melambat, menurut sebuah penelitian pikiran yang melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam.
Mengurangi kebiasaan buruk : Berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Selama kegiatan berpuasa dapat menghentikan kebiasaan seperti merokok dan makan makanan yang manis.
Mengontrol berat badan : Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.
Menyehatkan ginjal : Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.
Mengeluarkan racun dalam tubuh : Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.
Mencegah diabetes : Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.
Menyerap banyak nutrisi : Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan hormon adiponectin yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dengan sahur, sehingga memungkinkan untuk menyerap lebih banyak nutrisi.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh : puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.
Mengatasi sakit sendi atau encok: Dengan berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang pada akhirnya akan membuat sakit encok sedikit demi sedikit menuju kesembuhan.
Memperbaiki kondisi mental secara bermakna : Seorang peneliti diMoskow melakukan penelitian pada seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata dengan puasa sekitar 65% terdapat perbaikan kondisi mental yang bermakna.
Bermanfaat dalam pembentukan sperma : puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormon hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh kedua testis.
Penurunan berbagai hormon salah satu rahasia hidup jangka panjang :  pola makan saat puasa yang bersifat rotatif menjadi beban dalam asimilasi makanan di dalam tubuh. Keadaan ini mengakibatkan penurunan pengeluaran hormon sistem pencernaan dan insulin dalam jumlah besar. Penurunan berbagai hormon tersebut merupakan salah satu rahasia hidup jangka panjang.
Pengaruh pada hormon virgisteron : menurut penelitian 80% populasi menunjukkan penurunan hormon prolaktin. Penelitian ini menunjukkan harapan baru bagi penderita infertilitas atau kemandulan wanita yang disebabkan peningkatan hormon prolaktin. Sehingga saat puasa, wanita tetap berpeluang besar untuk tetap pada kondisi subur.
Pengaruh pada fungsi kelenjar gondok : Ketika berpuasa ternyata juga terbukti tidak berpengaruh pada fungsi kelenjar gondok manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar plasma tiroksin (TS),tiroksin bebas, tironin triyodium dan hormon perangsang gondok (TSH) pada penderita laki-laki yang berpuasa.
Pengaruh pada Ibu hamil dan menyusui : Ternyata dalam penelitian di Afrika Barat dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kadar glukosa serum, asam lemak bebas, trigliserol, keton, beta hidroksi butirat, alanin, insulin, glucagon dan hormon tiroksin.

4. Membaca Al-Qur'an
Mendapat Ketenangan : Menurut penelitian seorang dokter ahli jiwa, Al-Quran dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya dan yang mendengarkan akan mendapatkan ketenangan sampai dengan 97%.
Dapat Mengobati Penyakit : Jika kita membaca atau mendengarkan Al-Quran, maka lantunan ayat Al-Quran tersebut akan mengubah getaran atom-atom yang tidak beraturan menjadi kembali normal dan akan membuat tubuh kita sehat kembali.
Mencerdaskan Otak : Membaca Quran sehabis Maghrib dan Setelah Shubuh akan meningkatkan kecerdasan kita sampai dengan 80%. Hal ini dikarenakan, pada waktu tersebut ada pergantian siang ke malam dan sebaliknya yang mana di waktu-waktu tersebut terjadi 3 aktivitas sekaligus yaitu melihat, mendengar serta membaca (Al-Quran).
Terhindar Dari Perbuatan Buruk : Setiap kali membaca Al-Quran pastinya kita akan ingat kepada  Allah. Hal ini akan mengakibatkan kita akan takut berbuat dosa atau keburukan. Apabila kita terlanjur berbuat dosa, maka ketika kita membaca Al-Quran kita akan takut untuk mengulanginya lagi dikarenakan setiap kali kita membaca Al-Quran, Allah akan menegur kita melalui ayat-ayat Al-Quran.
Menambah Ilmu dan Wawasan : Al-Quran mengandung banyak sekali ilmu pengetahuan. Bahkan Al-Quran lebih dulu memberikan teori-teori tentang ilmu pengetahuan dibandingkan para ilmuwan-ilmuwan. Masih banyak ilmu-ilmu pengetahuan yang terkandung didalam Al-Quran yang belum diketahui.
Al-Quran Memberikan Petunjuk : Orang yang selalu/rajin membaca Al-Quran akan selalu diberikan petunjuk sehingga tidak mudah untuk berlaku menyimpang dan patah semangat. Hal ini disebabkan karena ayat-ayat Allah selalu mengingatkan pembaca Al-Quran ketika mereka tersandung ke dalam dosa dan maksiat.
Mendapat Pertolongan di Hari Kiamat : Dalam Hadits Rasulullah menjelaskan "Bacalah Al-Quran Oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Quran yang dibaca ketika hidup didunia ini akan menjadi syafa'at atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat nanti." (HR.Muslim). Maka sangat dianjurkan membaca Al-Quran selagi masih mampu agar mendapat Syafa'at di hari kiamat nanti.     

5. Makanan Halal
Sebagai Obat Penyembuh : makanan yang halal dapat menjadi obat penyembuh bagi penyakit yang diderita. Salah seorang Tabi`in bernama Yunus bin Ubaid mempunyai pengalaman menjadi makanan yang halal sebagai obat. Ketika ia memperoleh satu dirham dari jalan yang halal, ia menggunakan uang tersebut untuk membeli gandum. Gandum tersebut digiling. Setelah selesai masak, ia berkeliling di sekitar tempat tinggalnya, menawarkan bantuan pengobatan bagi orang-orang sakit yang sudah tidak dapat diobati oleh dokter. Caranya, ia suapkan gandum tersebut kepada ‘pasiennya.’ Kata Yunus, “Orang tersebut dapat sembuh pada waktunya.”
Mudah Bangkit : seseorang yang mengonsumsi makanan halal akan mudah bangkit guna melakukan ketaatan dan ibadah. Disebutkan dalam sebuah atsar yang berbunyi, “Barangsiapa yang memakan makanan yang halal, anggota tubuhnya akan mudah melakukan ketaatan dalam keadaan suka atau tidak suka. Dan barangsiapa yang memakan makanan yang haram, suka atau tidak anggota tubuhnya akan melakukan kemaksiatan.”
Doa Mudah Dikabulkan : doa orang yang mengonsumsi makanan yang halal mudah dikabulkan oleh Allah. Dalam suatu kesempatan, Sa`ad bin Abi Waqqash meminta kepada Rasulullah SAW agar berdoa kepada Allah, minta dijadikan sebagai orang yang doanya mudah dikabulkan oleh-Nya. Lalu, Rasul SAW berkata kepada Sa`ad, “Perbaiki makanan yang engkau makan niscaya engkau menjadi orang yang doanya mudah dikabulkan.” (HR. Thabrani)
Dapat Memiliki Keturunan Shalih-Shalihah : keturunan orang yang menjaga mutu makanan yang dikonsumsi dapat melahirkan keturunan yang shalih-shalihah. Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dalam bukunya Al Ghun-yah, mengatakan, “Bila telah tampak tanda kehamilan pada diri seorang perempuan hendaklah suaminya betul-betul menjaga kebersihan makanannnya dari hal yang haram atau syubhat agar anak itu tidak ada jalan bagi setan untuk masuk dalam penciptaannya.”
hati menjadi terang dan penuh hikmah. Diriwayatkan, “Barangsiapa makan makanan yang halal selama empat puluh hari, Allah sinari hatinya dan mengalirkan sumber-sumber hikmah dari hati dan lidahnya.”

wowch begitu banyak kesempurnaan Islam yang patut kita acungi jempol, karena banyak manfaat yang kita peroleh dari agama Islam. dan taukah kalian Allah SWT sangat mencintai kita, bisa kita buktikan dari perintahnya yang mempunyai manfaat yang sangat besar dan bermanfaat untuk kita di dunia maupun di akhirat kelak. maka dari itu senantiasalah dekat dengan-Nya yang sangat mencintai kita. terima kasih ya Allah atas berkahmu yang melimpah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 komentar: