NASKAH SOAL
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT
JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2015
Petunjuk Mengerjakan:
Pilihlah
salah satu jawaban yang tepat dari lima pilihan (A, B, C, D, E) dari nomor 1
sampai dengan 50 di lembar jawaban yang telah disediakan.
Naskah Soal:
1. Howard Gardner berpendapat bahwa pada diri peserta didik memiliki kecerdasan
yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple
intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah:
A. kecerdasan musikal dan logical matematika
B. kecerdasan linguistik dan kinestik
C. kecerdasan intrapersonal dan spatial
D. kecerdasan spiritual dan emosional
E. kecerdasan interpersonal
2. Unesco PBB
menetapkan 4 pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do,
learning to live together dan .............................
A. learning to be
B. learning to learn
C. learning to experience
D. learning to understand
E. learning university
3. Penerapan aturan kedisiplinan di sekolah yang berkait dengan pemberian reward dan punishment merupakan
merupakan perwujudan dari teori pendidikan …….
A. konstruktivistik
B. behavioristik
C. kognitivistik
D. konektivistik
E. realistic
4. Dalam pembelajaran yang berbasis konstruktivistik, guru lebih banyak
berperan sebagai......
A. stimulan
B. fasilitator, kolaborator, inspirator
C. pelatih
D. panutan
E. Instruktur
5. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Tujuannya
adalah agar siswa .......
A.
mampu hidup bahagia
B.
memiliki ketrampilan vokasional
C.
memiliki keunggulan akademik
D.
mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
E.
mampu mandiri
6.
Guru sebagai pendidik profesional
mempunyai tugas utama……….
A. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini
jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, peserta didik pada pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
7.
“Ing ngarso sung tulodo,Ing
madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro). Manakah
pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan
sikap guru dalam prinsip
kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...........
A.
guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi
anak didiknya
B.
guru menjadi sahabat belajar siswa
C.
guru menjadi fasilitator dan inovator dalam
proses pembelajaran
D.
guru menjadi satu-satunya sumber belajar
E.
guru memberikan penghargaan kepada siswa
8. Seorang guru perlu bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta
didik, teman sejawat, dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.
Contoh berikut yang sesuai dengan pernyataan di atas adalah ...
A.
Dia adalah seorang guru yang bangga dan menjunjung tinggi pekerjaannya,
dalam melakukan penilaian sesuai kemampuan peserta didik .
B.
Dia adalah seorang guru yang senantiasa berkomunikasi dengan orang tua
peserta didik terutama kalau ada permasalahan dari putera atau puterinya.
C.
Sebagai seorang guru, dia selalu menyayangi dan memperhatikan perkembangan peserta didiknya.
D.
Ketika seorang guru memarahi peserta didik, ada guru lain tidak terima
dan menasehati agar tidak mengulangi.
E.
Seorang guru selalu melaksanakan apa yang diusulkan oleh orang tua
peserta didiknya agar tercipta keharmonisan.
9. Kepribadian guru dengan menampilkan tindakan yang sesuai dengan norma
religius (iman dan takwa, jujur, ikhlas,
suka menolong), dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik, maka guru
tersebut … .
A. memiliki kepribadian yang dewasa
B. memiliki kepribadian yang mantap dan stabil,
C. memiliki kepribadian yang arif
D. memiliki kepribadian yang berwibawa
E. memiliki akhlak mulia dan menjadi teladan
10. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru supaya menjadi
teladan bagi peserta didik adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Guru harus memiliki sikap dan kepribadian
utuh yang dapat dijadikan tokoh panutan idola dalam seluruh segi kehidupannya
B. Guru harus berusaha memilih dan melakukan
perbuatan yang positif agar dapat mengangkat citra baik dan kewibawaannya
C. Guru harus mengimplementasikan nilai-nilai
tinggi terutama yang diambilkan dari ajaran agama
D. Guru harus mempunyai sifat terpuji yang
dapat diikuti oleh peserta didik
E. Guru harus dapat mempengaruhi peserta didik agar meniru
tingkah lakunya
11. Learning dalam
behaviorisme menekankan adanya….
A. Perubahan pengetahuan
B. Interaksi terus menerus
C. Perubahan perilaku
D. Pemaknaan informasi baru
E. Pembelajaran bermakna
12. Pelaksanaan penilaian kinerja guru
dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk
mewujudkan guru yang .................
A.
Profesional, bermartabat dan sejahtera karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan
oleh kualitas layanan profesi yang bermutu
B.
Mau menerima tunjangan profesi pendidik dan mau mengembangkan
kompetensinya
C.
Mau dan mampu mengembangkan kompetensinya serta selalu mengharap-harap
turunnya TPP.
D.
Mau dan mampu meningkatkan layanan profesi pendidik yang bermutu.
E.
Mau menerima tunjangan profesi pendidik (TPP) tetapi tidak mau
dimasukkan surga.
13.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian
Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas
pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur
pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja
yang ………..
A.
Berbasis kompetensi (competence-based)
B.
berbasis bukti (evidence-based
appraisal).
C.
Berbasis manajemen sekolah (school-based management)
D.
Berbasis proses (process-based)
E.
Berbasis hasil (product-based)
14.
Penilaian kinerja guru adalah
penilaian yang dilakukan terhadap …………
A.
setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan,
dan jabatannya.
B.
setiap butir kompetensi guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan,
dan jabatannya.
C.
setiap butir kompetensi pedagogik dan professional guru dalam rangka
pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
D.
setiap butir kompetensi kepribadian, pedagogic, social dan professional
guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
E.
setiap butir kompetensi guru dan tambahan guru dalam rangka
15.
Guru sebagai pendidik profesional
mempunyai tugas utama……….
A. membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
B. mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
C. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini
jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
D. mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
E. mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah
16.
Ekspresi positif seorang guru diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari
sebagai berikut, kecuali....
A.
Menyayangi peserta didik dalam kebaikan
B.
Memberikan keteladanan dalam beribadah
C.
Berdoa setiap mengawali belajar dan berdisiplin
D.
Memberikan senyum, salam, sapa dan santun
E.
Marah-marah dan berlaku kasar terhadap orang lain
17.
Ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan sosial adalah ......
A.
Adanya hubungan yang kuat dengan Tuhan, memberi manfaat kepada
lingkungan, dan menghasilkan karya untuk membangun orang lain
B.
Bertanggungjawab, berdedikasi dan berwibawa
C.
Berperilaku baik, bertanggungjawab dan disiplin
D.
Profesional, pengalaman dan menggembangkan diri
E.
Berjiwa sosial, profesional dalam bekerja dan jujur
18.
Cara guru untuk melakukan komunikasi untuk menunjukkan
hasil-hasil inovasi pembelajaran kepada komunitas profesi dilakukan adalah .......
A.
Lisan, tulisan dan bentuk lain
B.
Paparan
C.
Media pembelajaran
D.
Bahan pembelajaran
E.
Metode pembelajaran
19.
Manakah indikator kompetensi pedagogik berikut paling tepat?:
A.
Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami
prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang
mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, guru memberikan
penghargaan terhadap berbagai agama dan keyakinan yang dianut, melakukan
penilaian dan evaluasi.
B.
Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami
prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kerjasama dengan teman sejawat,
melakukan kegiatan yang mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta
didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
C.
Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami
prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang
mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan
peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi.
D.
Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami prinsip-prinsip
pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang mendidik,
memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, komunikasi dengan sopan dan
santun, melakukan penilaian dan evaluasi.
E.
Mengenali peserta didik, menguasai teori belajar, memahami
prinsip-prinsip pembelajaran, mengembangkan kurikulum, melakukan kegiatan yang
mendidik, memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, mengawali dan
mengakhiri pembelajaran tepat waktu, melakukan penilaian dan evaluasi.
20.
Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru
yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang
relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan
kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?:
A. Kompetensi profesional.
B. Kompetensi sosial.
C. Kompetensi pedagogik.
D. Kompetensi kepribadian.
E. Inovasi dan kreativitas pembelajaran.
21.
Seorang guru mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik
peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik peserta didik
tersebut meliputi berbagai aspek berikut:
A. Aspek
fisik intelektual, sosial emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
B. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,
personal, dan latar belakang sosial budaya.
C. Aspek fisik intelektual, sosial personal,
moral, dan latar belakang sosial budaya.
D. Aspek fisik intelektual, sosial emosional,
moral, dan latar belakang suku agama.
E.
Aspek fisik intelektual, kolegial, moral, dan latar belakang sosial
budaya.
22. Dalam memilih sumber belajar harus memperhatikan kriteria sebagai
berikut:
A. Ekonomis: tidak harus terpatok pada harga yang mahal; Praktis: tidak
memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka,
B. Mudah: dekat dan tersedia di sekitar lingkungan kita,
C. Fleksibel: dapat dimanfaatkan untuk berbagai kompetensi dasar,
D. Sesuai dengan kompetensi dasar: mendukung proses dan pencapaian
kompetensi dasar dan dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
E. Semua jawaban benar
23. Fungsi
sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar, antara lain:
A.
Meningkatkan
produktivitas pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan
membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik dan efisien dan (b)
mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi sehingga waktu dapat lebih
banyak digunakan untuk mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran.
B.
Memberikan kemungkinan
pembelajaran yang sifatnya lebih individual, dengan cara: (a) mengurangi
kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b) memberikan kesempatan bagi
siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
C.
Memberikan dasar yang
lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a) perancangan program
pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan bahan pengajaran yang
dilandasi oleh penelitian.
D. Memungkinkan
penyajian pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu
menembus batas geografis.
E.
Semua jawaban benar
24.
Jika Anda melakukan kunjungan kelas dan memperhatikan guru telah
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpertisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, maka guru tersebut perlu
diberi skor maksimal pada indikator........:
A. Memahami prinsip-prinsip pembelajaran yang
mendidik.
B. Mengenali karakteristik peserta didik.
C. Menguasi teori mendidik.
D. Memahami perkembangan remaja.
E. Pembelajaran yang mendidik.
25. Guru profesional antara lain mampu memilih
materi pembelajaran. Manakah yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran
dimaksud?:
A.
Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran.
B.
Materi pembelajaran yang tepat dan mutakhir.
C.
Materi sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik.
D.
Materi tidak harus dapat dilaksanakan di kelas.
E.
Materi sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
26.
Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?:
A.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
B.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati
oleh peserta didik.
C.
Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas
materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang
ditentukan.
D.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang
produktif terkait dengan tugasnya.
E.
Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
27.
Mengapa guru wajib merancang rencana pembelajaran?:
A.
Agar peserta didik dapat mencapai Kompetensi Dasar/KD yang ditentukan.
B.
Agar peserta didik dapat berpartisipasi secara maksimal dalam proses
pembelajaran.
C.
Agar peserta didik tidak sampai mengganggu peserta didik lain pada saat
proses pembelajaran berlangsung.
D.
Agar peserta didik termotivasi kemauan belajarnya.
E.
Agar peserta didik terfasilitasi pengamalam belajarnya dengan baik.
28.
Berikut adalah alasan paling tepat guru perlu mengatur kelas pada saat
pembelajaran berlangsung:
A.
Dapat memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik
dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
B.
Guru dapat memperhatikan potensi dan kekurangan peserta didik.
C.
Peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi
dalam pembelajaran.
D.
Agar tidak membuka peluang peserta didik merugikan peserta didik
lainnya.
E.
Mencegah adanya perilaku menyimpang dari peserta didik selama proses
pembelajaran.
29.
Guru telah menetapkan berbagai pendekatan, strategi, model, motode, dan
teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif, hal tersebut berkaitan dengan
standar kompetensi berikut:
A. Sosial.
B. Pedagogik.
C. Personal.
D. Profesional.
E. Kepribadian.
30. Peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah harus mengondisikan
pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi
peserta didikuntuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi
prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap guru perlu
memahami dan menggunakan prinsip pembelajaran yakni:
A.
Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta
didik mencari tahu; Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi
belajar berbasis aneka sumber belajar; Dari pendekatan tekstual menuju proses
sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
B.
Dari pembelajaran berbasis konten menuju
pembelajaran berbasis kompetensi; Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran
terpadu;
C.
Dari pembelajaran yang menekankan jawaban
tunggal menuju; pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
D.
Dari pembelajaran verbalisme menuju
keterampilan aplikatif; Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan
fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
E.
Semua jawaban benar.
31.
Elemen perubahan Kurikulum 2013 terutama berkaitan
dengan ....
A.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, dan Standar
Pengelolaan.
B.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar
Penilaian.
C.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Penilaian, dan Standar
Pembiayaan.
D.
Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, dan
Standar Penilaian.
E.
Struktur
kurikulum, beban belajar, RPP, dan sistem penilaian
32. Salah satu proses pembelajaran scientific yang baik adalah:
A.
Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis,
analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan
mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
B.
Penjelasan guru, cenderung menggunakan pendekatan tradisional.
C.
Berbasis pada konsep, tanpa landasan teori, dan fakta empiris yang dapat
dipertanggungjawabkan.
dipertanggungjawabkan.
D.
Tujuan pembelajaran dirumuskan secara detail dan jelas, tanpa mengindahkan penyajiannya menarik.
E.
Menerapkan langkah 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan data,
menganalisis data, dan mengomunikasikan) pada setiap pembelajaran.
33.
Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning)
merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dengan
menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach). Manakah yang
tidak tepat berkaitan dengan pernyataan tersebut?:
A.
Pendekatan pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan berdasarkan
cara kerja ilmiah.
B.
Melalui pendekatan ini siswa akan diajak meniti jembatan emas sehingga
ia tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan (knowledge) semata tetapi
juga akan mendapatkan keterampilan dan sikap-sikap yang dibutuhkan dalam
kehidupannya kelak.
C.
Saat belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat
berlatih menalar secara induktif (inductive reasoning).
D.
project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model
pembelajaran dalam pendekatan saintifik
E.
project based learning (model pembelajaran berbasis proyek) merupakan salah satu model
pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang berorientasi pada masalah.
34.
Model pembelajaran ini peserta didik difasilitasi melakukan pembelajaran
aktif. Mereka benar-benar akan dibuat aktif baik secara hands on (melalui kegiatan-kegiatan fisik), maupun secara minds on (melalui kegiatan-kegiatan
berpikir/secara mental). Karena itulah, ruh dari pelaksanaaan model
pembelajaran ini sesuai sekali dengan amanat Kurikulum 2013. Model pembelajaran
yang dimaksud adalah:
A.
Inkuiri
B.
PBM (Problem Based Learning)
C.
PBL (Project Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
35.
Model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual dimana peserta
didik bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata (real world) sehingga
merangsang peserta didik untuk belajar, merupakan ciri khas model pembelajaran
berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem
Based Learning)
C. PBL (Project
Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
36.
Model-model pembelajaran selalu memiliki kelebihan dan kekurangan
sehingga guru dapat mempertimbangkannya bilamana akan menerapkan model
pembelajaran tersebut. Berikut adalah kelebihan dari salah satu model
pembelajaran:
“Dengam model
pembelajaran ini belajar dapat semakin bermakna dan dapat diperluas ketika
peserta didik berhadapan dengan situasi
di mana konsep diterapkan, peserta didik mengintegrasikan pengetahuan dan
keterampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan,
oleh karenanya melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir
kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal
untuk belajar, dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja
kelompok”.
Model pembelajaran
manakah yang memiliki kelebihan seperti pada informasi di atas?:
A. Inkuiri.
B. PBM (Problem
Based Learning).
C. PBL (Project
Based Learing).
D.
Discovery learning.
E.
Cooperative learning.
37.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik
terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu.
Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah
itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan
masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan
asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan
lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan
penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara
lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah
satu contoh implementasi model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem
Based Learning)
C. PBL (Project
Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
38.
Model pembelajaran ini mengacu kepada teori belajar yang didefinisikan
sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila peserta didik tidak disajikan
dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan peserta didik
mengorganisasi sendiri. Sebagai model
pembelajaran, pembelajaran ini lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau
prinsip yang sebelumnya tidak diketahui. Pembelajaran demikian merupakan ciri
dari model pembelajaran berikut:
A. Inkuiri
B. PBM (Problem
Based Learning)
C. PBL (Project
Based Learing)
D. Discovery learning
E. Cooperative learning
39. Ranah kompetensi untuk dimensi sikap pada
proses pembelajaran diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mencipta.
B. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan menalar.
C. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengevaluasi.
D. Menerima, menghayati, menghargai, menjiwai,
menjalankan.
E. Menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengamalkan.
40. Penilaian kompetensi sikap dilakukan melalui
kegiatan berikut:
A.
Observasi, penilaian
diri, penilaian sejawat, dan jurnal.
B.
Observasi,
penilaian diri, jurnal, dan portofolio.
C.
Observasi,
penilaian sejawat, jurnal, dan portofolio.
D.
Observasi,
penilaian diri, penilaian sejawat, dan projek.
E.
Observasi,
penilaian diri, penilaian antar teman, dan projek.
41.
Ranah kompetensi untuk dimensi pengetahuan pada proses pembelajaran
diperoleh melalui aktivitas berikut:
A. Mengingat, memahami, menerapkan, mensintesis,
menganalisis, mencipta.
B. Mengingat, memahami, menerapkan,
menganalisis, mengevaluasi, mencipta.
C. Mengingat, memahami, menerapkan, menalar,
menganalisis, mengevaluasi.
D. Mengingat, memahami, menganalisis,
mensintesis, mengevaluasi, mencipta.
E. Mengamati, menanya, mengumpulkan data,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
42.
Penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui aktivitas berikut:
A.
Penugasan, projek, dan portofolio
B.
Penugasan, portofolio, dan tes tulis
C.
Tes tulis, tes lisan, dan penugasan
D.
Tes tulis, penugasan, dan projek
E.
Tes tulis, tes lisan, dan jurnal
43.
Ranah kompetensi untuk keterampilan pada proses pembelajaran diperoleh
melalui aktivitas berikut:
A. Mengamati, menanya, memahami, mencoba,
menalar, dan menyaji
B. Mengamati, menanya, mencoba, melakukan,
menyaji, dan mencipta.
C. Mengamati, memahami, menanya, mencoba,
menalar, menyimpulkan.
D. Mengamati, menanya, memahami, menalar,
menyaji, dan mencipta.
E. Mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji
dan mencipta.
44. Penilaian
kompetensi keterampilan dilakukan melalui aktivitas berikut:
A. Tes
praktik, tes tulis, projek, dan portofolio
B. Tes
lisan, tes tulis, praktik, dan
portofolio
C. Tes
lisan, tes tulis, projek, dan portofolio
D. Tes
lisan, tes tulis,
tes praktik, dan projek
E. Portofolio, projek,
penugasan, dan tes praktek
45. Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. apakah pengaruh permainan peran dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMKN Malang
B. bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas XII SMKN 10 Malang
C. mengapa siswa SMK Negeri 1 Arcapadha selalu
menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional
D. bagaimana cara menggunakan alat peraga yang
berasal dari lingkungan sekitar sekolah
E. bagaimana cara memanfaatkan alat peraga yang
berasal dari lingkungan sekitar sekolah
46. Kompetensi guru yang menunjukkan kemampuan
memahami konsep pembelajaran dan lingkungan pembelajaran adalah ...............
A.
kompetensi
kepribadian
B.
kompetensi
profesional
C.
kompetensi
sosial
D.
kompetensi
pedagogik
E.
kompetensi
pengetahuan
47.
Penelitihan Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri
dari empat langkah kegiatan, yaitu .......
A. perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi
B. perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi
C. perencanaan, tindakan, refleksi, evluasi
D. evaluasi, perencanaan, tindakan, refleksi
E. refleksi
perencanaan, penerapan, evaluasi
48.
Tujuan penelitian Tindakan Kelas adalah untuk ......
A.
mengungkapkan kebenaran
B.
menjawab masalah guru
C.
memperbaiki kinerja guru
D.
mengumpulkan informasi
E.
meningkatkan mutu sekolah
49.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang
diteliti berasal dari ......
A.
kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.
keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.
keinginan untuk membantu guru
D.
kepedulian peneliti akan kinerja guru
E.
memperbaiki kinerja guru
50.
Syarat karya tulis ilmiah yang baik menurut Buku V Pedoman Penilaian Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah ……
A.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten
B.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik
C.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik dan Holistik
D.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Holistik
E.
Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten, Sistemik, Holistik dan Realsitk
Rajin
Belajar Membenahi Potensi Diri, Menjadi Guru Sejati.
LEMBAR JAWABAN
NAMA PESERTA :
NUPTK :
NOMOR PESERTA :
1
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
26
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
2
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
27
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
3
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
28
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
4
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
29
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
5
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
30
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
6
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
31
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
7
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
32
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
8
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
33
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
9
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
34
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
10
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
35
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
11
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
36
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
12
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
37
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
13
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
38
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
14
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
39
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
15
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
40
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
16
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
41
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
17
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
42
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
18
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
43
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
19
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
44
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
20
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
45
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
21
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
46
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
22
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
47
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
23
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
48
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
24
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
49
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
25
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
50
|
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
BalasHapuswebsite bagus. Butuh motor hubungi kami. Jika mas mau beli motor baru dan tinggal di area Tulungagung,Kediri dan Trenggalek. Bisa wa kami 085 872 760 350
All Products From Pure Titanium Earrings - T-Shirt
BalasHapusThis is a collection of three titanium straightener original and fully custom-designed earrings with a range of styles titanium body armor to choose from. Each titanium bikes product titanium wood stove has a titanium bar stock unique design, and you
yr097 dc shoes tenisky,tecovas boots earl,xn--moonbootespaa-tkb,autry sneaker milano,new balance damske tenisky,christian louboutin tĂȘnis,air jordan 4 military black,golden goose srbija,vincishoesoutlet zl921
BalasHapus